Kegiatan Mahasiswa FHS

Kegiatan Mahasiswa FHS di Pengeadilan Negeri Bireuen

Fakultas Hukum dan Syariah (FHS) Universitas Islam Kebangsaan Indonesia (UNIKI)  melaksanakan kegiatan perkenalan suasana persidangan di Pengadilan Negeri Bireuen bagi mahasiswa yang tergabung dalam “Peradilan Semu (moortcourt) dan Lembaga Bantuan Hukum Kebangsaan (LBHK)” yang di damping oleh Andi Lesmana, S.H.,M.H (Dosen/Praktisi Hukum).  

Adapaun anggota Perdilan Semu dan LBH Kebangsaan saat ini beranggotakan 18 (delapan belas) orang mahasiswa yakni : Annisa Azzarhrawani, Aulya Rachman, Halimatul Sa’diah, Riska Maulina, Dinda Riski, Ahmad Nadari, Miranda , Maritha Ramaditha, Halimatul Sakdiah, Mutaqin, Siti Sabila Azhari, Nisaul Fitri, Maulina, Muhammad Zia Ulhaq, Cut Cahaya Hidayah, Rahmalia, Ika Juliani, Rizky Maulana

Kegiatan ini bertujuan agar mahasiswa FHS dapat memahami peran dan fungsi lembaga peradilan dalam praktek, Kegiatan ini berlangsung paling lama 3 (tiga) bulanan sehingga bagi mahasiswa yang selama ini telah dilatih dalam peradilan semu yang bertempat pada gedung peradilan semu UNIKI dapat melakukan observasi lebih mendalam untuk menutupi kekurangan-kekurangan dalam pelaksanaan peradilan semu di kampus.

Dalam kunjungan tersebut juga Ketua LBH Kebangsaan menyempatkan melakukan sosialisasi kepada masyarakat pencari keadilan yang berada di Pengadilan Negeri Bireuen mengenai telah dibentuknya lembaga layanan bantuan hukum bagi masyarakat Bireuen yang berdiri pada tanggal 1 April 2019, yang saat ini,  berkantor di Kampus Utama UNIKI yang beralamat di Jalan : Medan-Banda Aceh, Belang Bladeh, Kec. Jeumpa, Kab. Bireuen. Prov. Aceh.

Adapun layanan bagi masyarakat yang datang ke LBH Kebangsaan berupa konsultasi hukum dan pelayanan jasa hukum pada LBH Kebangsaan, layanan yang diberikan tersebut didasarkan atas  hal ini didasarkan struktur organisasi LBH Kebangsaan yang memiliki dua divisi yakni Devisi Layanan Bantuan Hukum pencari keadilan yang kurang mampu dan devisi Pendidikan hukum yakni sebagai sarana Pendidikan dan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM).